Mekanisme Transpor Membran (Panduan Guru)
dilengkapi dengan:
- Kegiatan mandiri siswa
D. KEGIATAN MANDIRI SISWA
TUGAS MANDIRI
|
Petunjuk:
- Tugas mandiri dikerjakan di rumah (di luar jam pelajaran).
- Dikerjakan berkelompok, tiap kelompok 3 orang.
- Setiap kelompok membuat laporan hasil kegiatan secara singkat dalam 1 lembar kertas folio dengan panduan pertanyaan-pertanyaan di bawah.
- Dikumpulkan 1 minggu setelah pemberian tugas ini.
Alat dan Bahan:
- Gelas kaca berukuran sedang 2 buah
- Pisau
- Spidol
- Air
- Larutan garam 10%, dibuat dengan melarutkan 25 gram garam dalam 250 ml air.
- Apel yang telah diiris
Cara kerja:
- Isi gelas kaca masing-masing dengan air dan larutan garam, kemudian beri tanda masing-masing gelas tersebut.
- Siapkan 4 irisan apel. Catat atau gambar bentuknya.
- Masukkan 2 irisan apel ke dalam gelas beker yang berisi akuades dan dua irisan apel lainnya ke dalam gelas yang berisi larutan garam.
- Diamkan selama semalam.
- Keesokan harinya, ambil irisan apel tersebut. Catat perubahan bentuknya.
- Masukkan data hasil eksperimen dalam tabel:
Irisan
apel pada
|
Sebelum
perendaman 1 malam
|
Setelah
perendaman 1 malam
|
Larutan
garam
|
||
Air
|
Pertanyaan:
- Irisan apel yang manakah yang kehilangan air dan irisan apel yang manakah yang dimasuki air?
- Pada gelas yang berisi air, dimanakah konsentrasi air yang lebih tinggi? Di dalam atau di luar irisan apel? Jelaskan pendapatmu.
- Pada gelas yang berisi larutan garam, dimanakah konsentrasi air yang lebih tinggi? Di dalam atau di luar irisan apel? Jelaskan pendapatmu.
- Peristiwa apa yang terjadi dalam kegiatan tersebut?
Komentar
Posting Komentar