Mekanisme Transpor Membran (Panduan Guru)


dilengkapi dengan:
- Kegiatan mandiri siswa



D. KEGIATAN MANDIRI SISWA


TUGAS MANDIRI
Petunjuk:
  1. Tugas mandiri dikerjakan di rumah (di luar jam pelajaran). 
  2. Dikerjakan berkelompok, tiap kelompok 3 orang. 
  3. Setiap kelompok membuat laporan hasil kegiatan secara singkat dalam 1 lembar kertas folio dengan panduan pertanyaan-pertanyaan di bawah.
  4. Dikumpulkan 1 minggu setelah pemberian tugas ini.

Alat dan Bahan:
  1. Gelas kaca berukuran sedang 2 buah
  2. Pisau 
  3. Spidol 
  4. Air
  5. Larutan garam 10%, dibuat dengan melarutkan 25 gram garam dalam 250 ml air. 
  6. Apel yang telah diiris

Cara kerja:
  1. Isi gelas kaca masing-masing dengan air dan larutan garam, kemudian beri tanda masing-masing gelas tersebut.
  2. Siapkan 4 irisan apel. Catat atau gambar bentuknya. 
  3. Masukkan 2 irisan apel ke dalam gelas beker yang berisi akuades dan dua irisan apel lainnya ke dalam gelas yang berisi larutan garam.
  4. Diamkan selama semalam.
  5. Keesokan harinya, ambil irisan apel tersebut. Catat perubahan bentuknya. 
  6. Masukkan data hasil eksperimen dalam tabel:
Irisan apel pada
Sebelum perendaman 1 malam
Setelah perendaman 1 malam
Larutan garam


Air




Pertanyaan: 
  1. Irisan apel yang manakah yang kehilangan air dan irisan apel yang manakah yang dimasuki air? 
  2. Pada gelas yang berisi air, dimanakah konsentrasi air yang lebih tinggi? Di dalam atau di luar irisan apel? Jelaskan pendapatmu. 
  3. Pada gelas yang berisi larutan garam, dimanakah konsentrasi air yang lebih tinggi? Di dalam atau di luar irisan apel? Jelaskan pendapatmu. 
  4. Peristiwa apa yang terjadi dalam kegiatan tersebut?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME BUKU IMMANUEL KANT “The Critique of Pure Reason”

RPP - interaktif - Monokotil & Dikotil