RPP - interaktif - Bakteri


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
1.      Identitas Sekolah :
  •  Nama Sekolah            : SMA............
  •  Mata Pelajaran           Biologi 
  • Kelas/Semester           : X (Sepuluh)/ 1 
  • Tahun Ajaran              : 2011/2012 
  •  Standar Kompetensi     :  2.   Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup 
  • Kompetensi Dasar        :          2.2       Mendeskripsikan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan 
  •  Indikator                     
         Siswa dapat:
·         Menyebutkan ciri-ciri umum bakteri.
·         Menyebutkan perbedaan  Archaebacteria dan Eubacteria.
  • Alokasi Waktu            : 1x10 menit
 2.      Tujuan Pembelajaran       :
a.      Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri umum bakteri.
b.      Siswa dapat menyebutkan perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria.
3.      Materi Pembelajaran
·         Ciri- ciri umum bakteri:
-        Organisme bersel tunggal
-        Mikroskopis
-        Prokariotik
Sel prokariot adalah sel yang tidak memiliki membran inti sel.
·         Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria:
Pembeda
Archaebacteria
Eubacteria
Dinding sel
tidak mengandung peptidoglikan
mengandung peptidoglikan

Ribosom
mengandung beberapa jenis RNA-polimerase.

mengandung satu jenis RNA-polimerase.

Membrane plasma
mengandung lipid dengan ikatan eter.

mengandung lipid dengan ikatan ester.

Habitat
pada tempat-tempat yang ekstrim (keadan lingkuangannya)
disemua tempat


4.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran :
Pendekatan: induktif
Metode Pembelajaran:
·         Ceramah interaktif
·         Brain storming
·         Tanya jawab
5.      Alat dan Media Pembelajaran :
LCD, komputer (Powerpoint), white board, board marker
6.      Langkah Kegiatan Pembelajaran : 
       Kegiatan awal (2 menit)
Guru memberikan gambaran awal tentang bakteri melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari, yaitu pengalaman siswa mengenai luka yang pernah dialami, apakah mereka pernah menutup luka mereka sebelum dibersihkan sehingga luka tersebut menjadi bernanah. Siswa akan diajak membahas penyebab luka tersebut bernanah, bukan proses luka itu menjadi bernanah. Penyebab luka membusuk tersebut adalah bakteri.
b.      Inti (6 menit)
-        Setelah diinstruksikan guru, siswa menyebutkan hal-hal yang muncul dalam pikirannya setelah mendengar kata ”bakteri” sebanyak-banyaknya.
-        Guru menjelaskan ciri-ciri umum bakteri satu persatu menggunakan media powerpoint dan memilih atau menandai pernyataan dari siswa  yang sesuai dengan ciri yang benar.
-        Guru menjelaskan bahwa salah satu ciri bakteri adalah prokariot. Organisme prokariot sendiri sebenarnya terdiri atas Archaebacteria dan Eubacteria, sedangkan Eubacteria terbagi atas Bakteri itu sendiri dan Cyanobacteria.
-        Siswa mengidentifikasi perbedaan penting antara Archaebacteria dan Eubacteria melalui pengamatan gambar pada powerpoint.
-        Guru memberi penjelasan terkait gambar yang disajikan dan menjelaskan karena terdapat perbedaan itulah maka Archaebacteria dan Eubacteria meskipun mirip tetapi dalam klasifikasinya dipisah menjadi 2 kingdom yang berbeda.
c.       Penutup (2 menit)
-        Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri umum bakteri.
-        Guru dan siswa menyimpulkan alasan mengapa Archaebacteria dan Eubacteria dipisah menjadi 2 kingdom yang berbeda walapun ciri umumnya sama.
-        Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempelajari klasifikasi Archaebacteria dan Eubacteria.
7.      Sumber Belajar :
Buku:
Aryulina, Diah, dkk. Biologi 1 SMA. Jakarta: ESIS.
Suharni, Theresia Tri, dkk. 2008. Mikrobiologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Makalah :
Noviardi. 2010. Materi Archaebacteria dan Eubacteria.
Sutanta. Ciri Archaebacteria dan Eubacteria http://biologibatik1.files.wordpress.com/2010/10/archaebacteria.pdf

8.      Penilaian:
a.      Soal :
1)      Apa ciri umum dari Archaebacteria dan Eubacteria ?
2)      Sebutkan 3 hal yang membedakan antara Archaebacteria dan Eubacteria!
b.      Kunci Jawaban:
1)      Ciri umum dari Archaebacteria dan Eubacteria
-        Organisme bersel tunggal
-        Mikroskopis
-        Prokariotik
2)      Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria:
Pembeda
Archaebacteria
Eubacteria
Dinding sel
tidak mengandung peptidoglikan
mengandung peptidoglikan

Ribosom
mengandung beberapa jenis RNA-polimerase.

mengandung satu jenis RNA-polimerase.

Membrane plasma
mengandung lipid dengan ikatan eter.

mengandung lipid dengan ikatan ester.

Habitat
pada tempat-tempat yang ekstrim (keadan lingkuangannya)
disemua tempat

                                                                                    Yogyakarta, 21 Februari 2012
Dosen Pembimbing                                                                                        Mahasiswa


   Siti Mariyam, M. Kes.                                                                                  Kintan Limiansi
      NIP.                                                                                                               NIM. 09304244041

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME BUKU IMMANUEL KANT “The Critique of Pure Reason”

EVOLUSI SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA

FOSFORILASI TINGKAT SUBSTRAT