RPP - interaktif - Bakteri
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
1.
Identitas Sekolah :
- Nama Sekolah : SMA............
- Mata Pelajaran : Biologi
- Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
- Tahun Ajaran : 2011/2012
- Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
- Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
- Indikator
·
Menyebutkan ciri-ciri
umum bakteri.
·
Menyebutkan
perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria.
- Alokasi Waktu : 1x10 menit
2.
Tujuan Pembelajaran :
a.
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri umum bakteri.
b.
Siswa dapat menyebutkan perbedaan Archaebacteria dan
Eubacteria.
3.
Materi Pembelajaran
·
Ciri- ciri umum bakteri:
-
Organisme bersel tunggal
-
Mikroskopis
-
Prokariotik
Sel prokariot adalah sel yang tidak memiliki membran inti
sel.
·
Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria:
Pembeda
|
Archaebacteria
|
Eubacteria
|
Dinding sel
|
tidak mengandung
peptidoglikan
|
mengandung peptidoglikan
|
Ribosom
|
mengandung beberapa jenis
RNA-polimerase.
|
mengandung satu jenis
RNA-polimerase.
|
Membrane plasma
|
mengandung lipid dengan
ikatan eter.
|
mengandung lipid dengan
ikatan ester.
|
Habitat
|
pada tempat-tempat yang
ekstrim (keadan lingkuangannya)
|
disemua tempat
|
4.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran :
Pendekatan: induktif
Metode Pembelajaran:
·
Ceramah interaktif
·
Brain storming
·
Tanya jawab
5.
Alat dan Media Pembelajaran :
LCD, komputer (Powerpoint), white board, board marker
6.
Langkah Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan awal (2 menit)
Guru memberikan gambaran
awal tentang bakteri melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari, yaitu
pengalaman siswa mengenai luka yang pernah dialami, apakah mereka pernah
menutup luka mereka sebelum dibersihkan sehingga luka tersebut menjadi
bernanah. Siswa akan diajak membahas penyebab luka tersebut bernanah, bukan
proses luka itu menjadi bernanah. Penyebab luka membusuk tersebut adalah
bakteri.
b.
Inti (6 menit)
-
Setelah diinstruksikan guru, siswa menyebutkan hal-hal
yang muncul dalam pikirannya setelah mendengar kata ”bakteri”
sebanyak-banyaknya.
-
Guru menjelaskan ciri-ciri umum bakteri satu persatu
menggunakan media powerpoint dan memilih atau menandai pernyataan dari
siswa yang sesuai dengan ciri yang
benar.
-
Guru menjelaskan bahwa salah satu ciri bakteri adalah
prokariot. Organisme prokariot sendiri sebenarnya terdiri atas Archaebacteria
dan Eubacteria, sedangkan Eubacteria terbagi atas Bakteri itu sendiri dan Cyanobacteria.
-
Siswa mengidentifikasi perbedaan penting antara
Archaebacteria dan Eubacteria melalui pengamatan gambar pada powerpoint.
-
Guru memberi penjelasan terkait gambar yang disajikan dan
menjelaskan karena terdapat perbedaan itulah maka Archaebacteria dan Eubacteria
meskipun mirip tetapi dalam klasifikasinya dipisah menjadi 2 kingdom yang
berbeda.
c.
Penutup (2 menit)
-
Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri umum bakteri.
-
Guru dan siswa menyimpulkan alasan mengapa Archaebacteria
dan Eubacteria dipisah menjadi 2 kingdom yang berbeda walapun ciri umumnya
sama.
-
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempelajari klasifikasi
Archaebacteria dan Eubacteria.
7.
Sumber Belajar :
Buku:
Aryulina, Diah, dkk. Biologi
1 SMA. Jakarta: ESIS.
Suharni, Theresia Tri,
dkk. 2008. Mikrobiologi Umum.
Yogyakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Makalah :
Noviardi. 2010. Materi
Archaebacteria dan Eubacteria.
Sutanta. Ciri Archaebacteria dan Eubacteria http://biologibatik1.files.wordpress.com/2010/10/archaebacteria.pdf
8.
Penilaian:
a.
Soal :
1)
Apa ciri umum dari Archaebacteria dan Eubacteria ?
2)
Sebutkan 3 hal yang membedakan antara Archaebacteria dan
Eubacteria!
b.
Kunci Jawaban:
1)
Ciri umum dari Archaebacteria dan Eubacteria
-
Organisme bersel tunggal
-
Mikroskopis
-
Prokariotik
2)
Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria:
Pembeda
|
Archaebacteria
|
Eubacteria
|
Dinding sel
|
tidak mengandung peptidoglikan
|
mengandung peptidoglikan
|
Ribosom
|
mengandung beberapa jenis
RNA-polimerase.
|
mengandung satu jenis
RNA-polimerase.
|
Membrane plasma
|
mengandung lipid dengan
ikatan eter.
|
mengandung lipid dengan
ikatan ester.
|
Habitat
|
pada tempat-tempat yang
ekstrim (keadan lingkuangannya)
|
disemua tempat
|
Yogyakarta,
21 Februari 2012
Dosen Pembimbing
Mahasiswa
Siti Mariyam, M. Kes.
Kintan Limiansi
NIP.
NIM. 09304244041
Komentar
Posting Komentar