RPP - interaktif - Monokotil & Dikotil
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
1.
Identitas Sekolah :
- Nama Sekolah : SMA .
- Mata Pelajaran : Biologi
- Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 2
- Tahun Ajaran : 2011/2012
- Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
- Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam dunia tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup.
- Indikator :
·
Menjelaskan pengertian monokotil dan dikotil.
·
Menyebutkan ciri-ciri morfologi yang membedakan antara
tumbuhan dikotil dan monokatil melalui pengamatan.
- Alokasi Waktu : 1x15 menit
2.
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat:
·
Menjelaskan pengertian monokotil dan dikotil.
·
Menyebutkan ciri-ciri morfologi yang membedakan antara
tumbuhan dikotil dan monokatil melalui pengamatan.
3.
Materi Pembelajaran
Pengertian monokotil dan dikotil:
-
Monokotil: berasal dari kata monocotyledone, mono dan
cotyledon, berarti satu kotiledon.
-
Dikotil: berasal dari kata dicotyledone, di dan
cotyledone, berarti dua kotiledon.
Perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil:
Bagian tumbuhan
|
Monokotil
|
Dikotil
|
Akar
|
Serabut
|
Tunggang
|
Batang
|
Tidak berkambium, tidak berkayu
|
Berkambium, berkayu
|
Daun (pertulangan)
|
Sejajar atau melengkung
|
Menyirip atau menjari
|
Bunga (perhiasan bunga)
|
Kelipatan 3
|
Kelipatan 4 atau 5
|
Biji
|
Berkeping 1
|
Berkeping 2
|
4.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran :
Pendekatan: induktif
Metode Pembelajaran:
·
Observasi
·
Tanya jawab
5.
Alat dan Media Pembelajaran :
Tumbuh-tumbuhan monokotil dan dikotil, white board, board
marker, pisau
6.
Langkah Kegiatan Pembelajaran :
a.
Kegiatan awal (2 menit)
Guru mengingatkan kepada
siswa mengenai pembagian tumbuhan berbiji yang terdiri dari Gymnospermae dan
Angiospermae.
Siswa menyebutkan
ciri-ciri tumbuhan Angiospermae dan contohnya.
Menanyakan pengalaman
siswa apa yang dirasakan dan perbedaan saat makan biji jagung dan makan kacang.
b.
Inti (10 menit)
Presenting examples
-
Siswa membagi diri menjadi kelompok kecil, masing-masing
kelompok beranggotakan 4 orang.
-
Guru membagikan tumbuhan-tumbuhan yang telah dicampur acak
kepada setiap kelompok.
-
Siswa memisahkan tumbuhan-tumbuhan menjadi dua kelompok
besar berdasarkan ciri yang diamati pada bagian akar, batang, daun, bunga,
biji.
Closure
-
Guru menjelaskan kepada siswa tentang pengertian
monokotil dan dikotil.
-
Guru menyatakan bahwa tumbuhan yang mereka pisahkan
adalah contoh tumbuhan monokotil dan dikotil.
-
Siswa mengidentifikasi perbedaan morfologi monokotil dan
dikotil dari berbagai bagian tumbuhan, baik akar, batang, bunga, daun melalui
pengamatan terhadap tumbuhan-tumbuhan yang ada.
-
Siswa mengisi tabel yang disediakan guru dengan bimbingan
guru.
Additional examples
-
Guru menginstruksikan siswa untuk memotong dan mengupas
batang tumbuhan dikotil dan monokotil.
-
Guru menjelaskan bahwa tumbuhan dikotil memiliki batang berkambium,
ditunjukkan struktur batang yang lengket saat dikupas. Sedangkan monokotil
tidak memiliki kambium.
-
Guru menginstruksikan siswa untuk membuka biji kacang dan
biji jagung.
-
Guru menjelaskan bahwa biji jagung kotiledonnya hanya
kecil, hampir tidak terlihat langsung, yang dominan adalah endosperm, sedangkan
kotiledon pada kacang cukup jelas.
c.
Penutup (3 menit)
-
Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan monokotil dan
dikotil.
-
Guru menugaskan siswa untuk mendata tumbuhan-tumbuhan di
sekitar rumahnya dan menggolongkan termasuk monokotil atau dikotil berdasarkan
pengamatan morfologinya.
Kemudian siswa mencari klasifikasinya melalui internet
dan menggolongkan tumbuhan yang diperoleh berdasarkan ordonya.
Selanjutnya siswa mengelompokkan ordo-ordo yang termasuk
dalam monokotil dan ordo yang termasuk dalam dikotil.
7.
Sumber Belajar :
Alfiansyah, Muhammad. - .
Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil.
Diakses pada Kamis, 5 April 2012 pukul 05.30 WIB dengan alamat http://www.sentra-edukasi.com/2011/06/perbedaan-tumbuhan-dikotil-dan.html
Anonim. 2011. Tumbuhan
biji : Monokotil dan Dikotil. Diakses pada Kamis, 5 April 2012 pukul 06.00 WIB dengan
alamat http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/2133968-tumbuhan-biji-monokotil-dan-dikotil/
8.
Penilaian:
a.
Soal :
Sebutkan ciri-ciri morfologi yang membedakan antara
tumbuhan dikotil dan monokatil
b.
Kunci Jawaban:
Bagian tumbuhan
|
Monokotil
|
Dikotil
|
Akar
|
Serabut
|
Tunggang
|
Batang
|
Tidak berkambium, tidak berkayu
|
Berkambium, berkayu
|
Daun (pertulangan)
|
Sejajar atau melengkung
|
Menyirip atau menjari
|
Bunga (perhiasan bunga)
|
Kelipatan 3
|
Kelipatan 4 atau 5
|
Biji
|
Berkeping 1
|
Berkeping 2
|
Komentar
Posting Komentar