RPP - interaktif - Monokotil & Dikotil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
1.      Identitas Sekolah :
  • Nama Sekolah            : SMA .
  • Mata Pelajaran           : Biologi 
  • Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 2 
  •  Tahun Ajaran              : 2011/2012 
  • Standar Kompetensi   :  3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati 
  • Kompetensi Dasar        :          3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam dunia tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup. 
  •  Indikator                     :
·         Menjelaskan pengertian monokotil dan dikotil.
·         Menyebutkan ciri-ciri morfologi yang membedakan antara tumbuhan dikotil dan monokatil melalui pengamatan.
  • Alokasi Waktu            : 1x15 menit

2.      Tujuan Pembelajaran       :
      Siswa dapat:
·         Menjelaskan pengertian monokotil dan dikotil.
·         Menyebutkan ciri-ciri morfologi yang membedakan antara tumbuhan dikotil dan monokatil melalui pengamatan.

3.      Materi Pembelajaran
Pengertian monokotil dan dikotil:
-                   Monokotil: berasal dari kata monocotyledone, mono dan cotyledon, berarti satu kotiledon.
-                  Dikotil: berasal dari kata dicotyledone, di dan cotyledone, berarti dua kotiledon.

Perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil:

Bagian tumbuhan
Monokotil
Dikotil
Akar
Serabut
Tunggang
Batang
Tidak berkambium, tidak berkayu
Berkambium, berkayu
Daun (pertulangan)
Sejajar atau melengkung
Menyirip atau menjari
Bunga (perhiasan bunga)
Kelipatan 3
Kelipatan 4 atau 5
Biji
Berkeping 1
Berkeping 2
 
4.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran :
Pendekatan: induktif
Metode Pembelajaran:
·         Observasi
·         Tanya jawab

5.      Alat dan Media Pembelajaran :
Tumbuh-tumbuhan monokotil dan dikotil, white board, board marker, pisau
6.      Langkah Kegiatan Pembelajaran :
a.     Kegiatan awal (2 menit)
Guru mengingatkan kepada siswa mengenai pembagian tumbuhan berbiji yang terdiri dari Gymnospermae dan Angiospermae.
Siswa menyebutkan ciri-ciri tumbuhan Angiospermae dan contohnya.
Menanyakan pengalaman siswa apa yang dirasakan dan perbedaan saat makan biji jagung dan makan kacang.

b.      Inti (10 menit)
Presenting examples
-        Siswa membagi diri menjadi kelompok kecil, masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang.
-        Guru membagikan tumbuhan-tumbuhan yang telah dicampur acak kepada setiap kelompok.
-        Siswa memisahkan tumbuhan-tumbuhan menjadi dua kelompok besar berdasarkan ciri yang diamati pada bagian akar, batang, daun, bunga, biji.
Closure
-        Guru menjelaskan kepada siswa tentang pengertian monokotil dan dikotil.
-        Guru menyatakan bahwa tumbuhan yang mereka pisahkan adalah contoh tumbuhan monokotil dan dikotil.
-        Siswa mengidentifikasi perbedaan morfologi monokotil dan dikotil dari berbagai bagian tumbuhan, baik akar, batang, bunga, daun melalui pengamatan terhadap tumbuhan-tumbuhan yang ada.
-        Siswa mengisi tabel yang disediakan guru dengan bimbingan guru.

Additional examples
-        Guru menginstruksikan siswa untuk memotong dan mengupas batang tumbuhan dikotil dan monokotil.
-        Guru menjelaskan bahwa tumbuhan dikotil memiliki batang berkambium, ditunjukkan struktur batang yang lengket saat dikupas. Sedangkan monokotil tidak memiliki kambium.
-        Guru menginstruksikan siswa untuk membuka biji kacang dan biji jagung.
-        Guru menjelaskan bahwa biji jagung kotiledonnya hanya kecil, hampir tidak terlihat langsung, yang dominan adalah endosperm, sedangkan kotiledon pada kacang cukup jelas.

c.       Penutup (3 menit)
-        Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan monokotil dan dikotil.
-        Guru menugaskan siswa untuk mendata tumbuhan-tumbuhan di sekitar rumahnya dan menggolongkan termasuk monokotil atau dikotil berdasarkan pengamatan morfologinya.
Kemudian siswa mencari klasifikasinya melalui internet dan menggolongkan tumbuhan yang diperoleh berdasarkan ordonya.
Selanjutnya siswa mengelompokkan ordo-ordo yang termasuk dalam monokotil dan ordo yang termasuk dalam dikotil.

7.      Sumber Belajar :
Alfiansyah, Muhammad. - . Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil. Diakses pada Kamis, 5 April 2012 pukul 05.30 WIB dengan alamat http://www.sentra-edukasi.com/2011/06/perbedaan-tumbuhan-dikotil-dan.html

Anonim. 2011. Tumbuhan biji : Monokotil dan Dikotil. Diakses pada Kamis, 5 April 2012 pukul 06.00 WIB dengan alamat http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/2133968-tumbuhan-biji-monokotil-dan-dikotil/

8.      Penilaian:
a.      Soal :
Sebutkan ciri-ciri morfologi yang membedakan antara tumbuhan dikotil dan monokatil
b.      Kunci Jawaban:
Bagian tumbuhan
Monokotil
Dikotil
Akar
Serabut
Tunggang
Batang
Tidak berkambium, tidak berkayu
Berkambium, berkayu
Daun (pertulangan)
Sejajar atau melengkung
Menyirip atau menjari
Bunga (perhiasan bunga)
Kelipatan 3
Kelipatan 4 atau 5
Biji
Berkeping 1
Berkeping 2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME BUKU IMMANUEL KANT “The Critique of Pure Reason”

EVOLUSI SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA

FOSFORILASI TINGKAT SUBSTRAT